kewirausahaan

  1. Pengertian kewirausahaaan

Definisi  Kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ke- akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Wira berarti keberanian dan usaha berarti suatu kegiatan yang bertujuan menghasilkan sesuatu yang dapat bernilai lebih yang komersial atau non-komersial, Sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis.Berikut merupakan definisi kewirausahaan menurut ilmuan dunia:

 

  1. Harvey Leibenstein (1968, 1979), mengemukakan, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  2. Frank Knight (1921) : Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.
  3. Peter Drucker mendefinisikan kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan.
  4. Penrose (1963) : Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.
  5. Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam perilaku wirausahaan
    1. Kerja keras merupakan modal keberhasilan seorang wirausaha. Setiap pengusaha yang sukses menempuh kerja keras yang sungguh – sungguh dalam usahanya.
    2.   Fleksibel, pandai menyesuaikan diri dengan berbagai relasi/kalangan, pandai mengontrol emosi saat hadapi situasi-situasi yang tidak menyenangkan.
    3. Mandiri, tidak bergantung pada pihak lain dalam mengambiol tindakan, membuat keputusan, serta dalam memilih berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan.
    4. Seorang wirausaha harus dapat yakin kepada diri sendiri, yaitu keyakinan untuk maju dan dilandasi ketekunan serta kesabaran
    5. Penampilan yang baik ditekankan pada penampilan perilaku yang jujur dan disiplin
    6. Berani ambil resiko : siap rugi, namun kerugian yang telah diperhitungkan dan selalu antisipasi terhadap segala kemungkinan terburuk.

Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland terdiri dari beberapa poin, berikut ini adalah poin-poin tersebut:

1.    Keinginan untuk berprestasi.

2.    Keinginan untuk bertanggung jawab.

3.    Preferensi kepada resiko-resiko menengah.

4.    Persepsi kepada kemungkinan berhasil.

5.    Rangsangan oleh umpan balik.

6.    Aktivitas energik.

7.    Orientasi ke masa depan.

8.    Keterampilan dalam pengorganisasian.

9.    Sikap terhadap uang

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: