etika profesi 4

nama : ifanis astri saputri

kelas : 3id05

  1. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri !

Jawab : kompetesi menurut saya adalah suatu keahlian atau keterampilan diri yang terkait dalam kegiatan dalam bekerja

Seorang sarjana teknik industri memiliki kompetensi diri yang berkualitas seperti  dapat meguasai keahlian pada disiplin ilmunya serta meggunakannya dalam bekerja, bersikap disiplin dan jujur, serta mampu mengembangkan diri dengan dasar ilmu yang telah diperoleh

2. Dilemma moral merupakan hal yang sering ditemui dalam menjalankan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilemma moral menurut faham utilitarianisme! Berikan contoh kasus

 

Jawab : faham utilitarianisme adalah  suatu pendapat yang menyatakan bahwa suatu tindakan dapat dikatakan baik apabila dapat bermanfaat baik untuk orang lain, sebagai contoh kasus

Seorang insinyur memberikan ide sesuai permintaan pelanggan missal,pelanggan yang ingin memiliki kursi yang ergonomis, kemudian insinyur tersebut membuatkan kursi yang nyaman,berkualitas,ergonomis dan menarik.

3. Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelanggaran etika yang terjadi!

Jawaban :

  1. Perusahaan peleburan logam yang sedang membuat gagang tab, yang seharusnya pembuatannya menggunakan logam besi kualitas utama. Tetapi demi keuntungan perusahaan tersebut mengguakan logam besi bekas yang kualitasya tidak dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Kasus kecelakaan kereta api yang disebabkan amblasnya rel, hal ini terjadi karena secara teknis rel tersebut seharusnya mendapat perhatian khusus oleh perusahaan tetapi malah diabaikan
  3. Kasus jatuhnya pekerja bangunan yang sedang merenovasi gedung bertingkat, pekerja tersebut tidak menggunakan perlengkapan untuk keamanan diri. Hal ini sudah melanggar peratura keselamatan kerja.
  4. Kasus kecelakaan kerja yang terjadi di pabrik koveksi, seorang pekerja bekerja lebih dari 15 jam sehingga pekerja tersebut mengantuk, umumnya bekerja dianjurkan hanya 8 jam kerja.
  5. Kasus dioxin yang terjadi di pensacola, florida, yang dikenal dengan Tragedi Mount Dioxin. Disebabkan karena awalnya pemerintah setempat tidak teteliti dalam mengurus perijinan pendirian perusahaan.

 

4. Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan. Berikan contoh kasus!

Jawab :

Toxic Kolonialisme adalah ungkapan yang mencolok diciptakan oleh Jim Puckett dariGreenpeace untuk pembuangan limbah industri Barat di wilayah Dunia Ketiga.Contoh: Greenpeace gelar protes limbah beracun di singapura.

http://www.newscientist.com/article/mg13518285.900–thistle-diary-toxic-wastes-and-other-ethical-issues–comment-from-westminster-by-tam-dalyell–.html http://ban.org/ban_news/greenpeace_holds.html

5. Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?

Jawab :

Pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi, dapa berampak sangat buruk untuk lingkunagan apabila individu kita sebagai manusia hanya memikirkan kelangsungan hidupnya sendiri tanpa memikirkan kelangsungan lingkungan yang nyata sebagai tampat tinggal. Hal ini dikhususkan kepada manusia.

Contohnya : tissue adalah produk dari hasil kemajuan teknologi. Tissue tersebut terbuat dari kayu dan manusia tidak berpikir panjang dalam penebangan kayu, yang akibatnya berdampak pada hutan. Borosnya penggunaan tissue pada setiap idividu sama saja dengan menebang kayu, yang mengakibatkan banjir.

6. Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing –masing contoh nyata.

Jawab :

Sebagai seorang insiyur yang peduli akan ligkungan, mereka mewujudkan inovasinya dalam bentuk alat pengankut sampah. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya sampah di sungai yang menyebabkan bajir.

Contoh : sampah di kali ciliwung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: