Nama : Ifanis A…

Nama : Ifanis Astri Saputri

NPM : 36409094

Kelas : 3 ID 05

Tugas 2 Etika Profesi, 22 Maret 2011

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab : yang membedakan antara moral dengan etika adalah etika lebih dititikberatkan pada aturan prinsip yang melandasi perilaku yang mendasar  dan mendekati aturan,hokum dan udang – udang yang berlaku. Contoh moral dalam kehidupan sehari – hari : seorang guru olahraga yang telah memiliki dedikasi yang tinggi dengan pekerjaannya, suatu ketika dia akan mengaadakan pengambilan nilai lari marathon dengan seharusnya siswa tersebut mendapatkan hak utuk berlari dilapangan tanpa membayar, tetapi guru tersebut memugut bayaran tinggi, tindakan tersebut tidak mencerminkan moral baik karena bertentangan dengan hati nurani. Adapun contoh etika dalam kehidupan sehari – hari : menghormati antar umat beragama, seperti hal nya pada saat hari raya nyepi di bali, masyarakat yang tidak melakukan nyepi diperbolehkan melakukan kegiatan peribadatan seperti biasa, tentunya dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa?
jawab : Kantianisme adalah paham dimana setiap kita mengambil keputusan, kita harus membayang kan bagaimana bila kita adalah pihak yang dirugikan. Paham ini menjelaskan bahwa bila memang harus dilakukan sebuah tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain. (Sumber: http://samsenyum.blogspot.com/2011/05/ringkasan-tentang-aliran-filsafat.html, Maret 2012)

Utilitarianisme berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme, Maret 2012)

Perbedaan antara Kantianisme dengan Utilitarianisme terletak pada kepentingan yang digunakan jika Kantianisme pada saat mengambil keputusan tidak memperhatikan kepentingan orang lain, paham Utilitarianisme memperhatikan kepentingan orang lain karena berdasarkan penjelasan ditersebut diatas Utilitarianisme berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. 

3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian
dalam kehidupan sehari-hari!.
jawab : menurut saya dilemma moral adalah masalah yang keputusannya berada dipersimpangan dengan demikian orang yang mengalaminya cenderung menjadi bingung karea tidak dapat menentukan sikap. Cotohnya : seorang wanita penghibur yang ingin sekali menghentikan pekerjaannya, tetapi dengan alasan desakan ekonomi wanita tetap melanjutkan pekerjaan itu. Hal demikian pasti akan menjadi dilemma untuk wanita tersebut

 

.
4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!
jawab : • Production and Manufacturing System Design : Perancangan dan pengelolaan proses manufaktur, perencanaan dan pengendalian produksi, proses produksi, tata letak pabrik, analisis biaya produksi, dan produktivitas.
• Quality Management : Kebutuhan konsumen, merancang produk baik berupa barang atau jasa sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan, termasuk standar kualitas internasional, seperti  SNI, ISO, dll.
• Product Design and Development : Mengelola proses perancangan dan pengembangan  produk mulai dari identifikasi kebutuhan pasar, perancangan produk, pengujian produk baru sampai ke tahap komersialisasi produk/jasa. Selain itu juga kemampuan untuk melakukan inovasi produk.
• Ergonomy (Human Factor Engineering) : Pemberdayaan manusia dalam sistem integral seperti ergonomi, analisis perancangan kerja (work design), keselamatan dan kesehatan kerja.

(Sumber: http://www.gunadarma.ac.id/en/page/teknik-industri.html, Maret 2012)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: