BAHASA

Menurut sumber dari rekan – rekan saya bahasa berfungsi sebagai alat untuk mengekspresiakn dirimaksud dari mengekspresikan diri adalah kita perlu bahasa untuk menunjukan sesuatu yang ada pada diri kita. Selain itu bahasa juga dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi maksud dari pada komunikasi adalah kita perlu saling mengerti anatara makhluk ciptaan tuhan lainnya untuk itu bahasa dapat membantu kita untuk saling mengerti dan memahami.Bahasa juga dapat digunakan sebagai hubungan intergrasi dan adaptasi sosial maksudnya dengan bahasa kita dapat melakukan aktifitas perdagangan dan mencoba bergabung pada beberapa kelompok masyarakat.Contohnya apabila ada orang yang ingin membeli pensil dan ada penjual yang ingin menjual pensil coba kalian bayangkan apabila mereka berdua tidak melakukan gerakan ataupun tidak mengucapkan sepatah katapun. Maka tidak akan terjadi interaksi apapun, beda halnya jika mereka menggunakan bahasa pasti penjual dengan pembeli mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bahasa juga dapat digunakan sebagai alat kontrol sosial maksudnya dengan bahasa kita dapat saling menjaga perdamaian dan mengendalikan diri. Contohnya; “BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA”
Bahasa tidak hanya dengan ucapan tetapi bahasa juga dapat kita jabarkan dengan gerakan yah sebutlah dengan bahasa tubuh. Oleh sebab itu bahasa sangat mempermudah kita untuk melakukan aktifitas kehidupan sehari – hari.
Sekarang kita tahu bahasa adalah hal yang sangat signifikan dalam kehidupan kita sehari –hari. Karena kita orang Indonesia mari kita lihat bagaimana Bahasa Indonesia di zaman sekarang ini.

BAHASA INDONESIA DI ZAMAN SEKARANG

Menurut saya sekaligus informasi yang saya dapat dari teman – teman serta kerabat – kerabat terdekat saya.Masyarakat yang berada disekeliling kami belum dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar termasuk saya pribadi.Menurut teman –teman dari Sekolah Menengah Atas Bahasa Indonesia sekarang tidak sesuai sebagaimana kepribadian bangsa kita yang ketimur – timuran,banyak sekali bahasa dari barat yang telah mendarah daging pada teman – teman. Ada juga pendapat lain dari salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama dia berkata, “Menurut gue Bahasa Indonesia zaman sekarang gaul banget”. Dari pendapat – pendapat tersebut diatas kita dapat mem buat sedikit kesimpulan kecil. ” Bahasa Indonesia zaman sekarang sudah terkikis oleh berkembangnnya zaman”.oleh karena itu kita sebagai warga indonesia yang baik harus kita tanamkan sejak dini kebiasaan berbahasa indonesia yang baik.

Mungkin hal ini dikarenakan keterbiasaan masyarakat dalam berbicara. Saya adalah salah satu dari masyarakat yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, bagaimana tidak, pertama, saya tinggal dilingkungan yang kebanyakan masyarakatnya kurang berpendidikan selebihnya saya termasuk orang yang kurang sensitif dalam hal berbahasa. Bagi saya selama ucapan saya masih dapat dimengerti orang tidak masalah bagaimanapun cara atau pun Bahasa yang saya gunakan.
Misal, “What Everlah yang penting kita Fun” bahasa yang seperti inilah yang sebenarnya merusak tatanan Bahasa Indonesia kita. Dizaman yang semakin berkembang ini atau bisa juga kita sebut di era globalisasi ini, kurang pekanya diri kita masing – masing membuat kita terbiasa dalam kebiasaan menggunakan bahasa yang semaunya, misalnya saja dalam berbicara dengan teman – teman bermain kita. Tidak dapat dipungkiri kita selalu mengucapkan kata “gue” yah walaupun ada beberapa teman kita yang mengucapkan kata ( aku ataupun saya ) tapi hanya ada sebagian kecil dari lingkungan kita.
Gaya hidup yang terlalu modern membuat kita larut didalamnya dan mengikis hal baik yang telah kita peroleh. Sepengetahuan sekaligus menurut pendapat – pendapat dari rekan – rekan baik teman sebaya saya ataupun orang tua saya bangsawan Indonesia zaman dahulu sangat memperhatikan pola hidupnya apalagi dalam berbahasa kebanyakan mereka sangat santun bahasanya. Hal ini dikarenakan mereka masih memegang teguh kepribadian bangsa kita.
Menurut saya bangsa yang baik adalah bangsa yang dimana rakyatnya mengunakan basaha nasionalnya sendiri dengan baik. Karena hal tersebutlah yang akan mencerminkan kepribadian bangsa itu sendiri. Bagaimanapun hal ini tidak akan tercipta tanpa didukung oleh pendidikan. Pendidikan sangat berperan penting dalam penggunaan Basaha yang baik. Pendidikan dapat diperoleh tidak hanya dari pendidikan yang formal saja kita dapat memperolehnya dari pendidikan tidak formal. Untuk pendidikan tidak formal yaitu yang pertama sekali kita peroleh dari bahasa orang tua. Pertama kali kita mengenal bahasa ibu dan inilah awal kita mengenal bahasa untuk diri kita.Ibu selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Sehingga kita dapat mengucap sebuah kata indah dari suara kita semua berkat ibu. Sebagian besar yang pertama kali diucapkan oleh seorang bayi adalah sebutan untuk seorang ibu. Sebuah kata yang menurut saya sangat indah itu dapat menjadi bekal pertama kita dapat berbicara dengan orang lain. Lambat launpun bayi yang hanya dapat mengucapkan kata ibu akan tumbuh menjadi anak – anak yang tinggal dilingkungannya, saat bertumbuhnya ini yang harus kita perhatikan. Kita berbicara dalam konsep lingkungan keluarga. Dilingkungan keluaraga anak – anak akan selalu meniru bahasa yang mereka dengar dari keluarganya. Oleh karena itu apabila anda seorang warga negara Indonesia yang baik ajarkanlah anak –anak anda untuk terbiasa mendengar Bahasa Indonesia yang baik, dari hal kecil yang anak –anak itu dengar maka,dengan sendirinya mereka akan meniru ucapan kita. Selain dilingkungan keluarga yang harus lebih kita perhatikan adalah lingkungan bermain anak – anak.Saat kita biarkan mereka bermain saat itulah ancaman untuk para orang tua. Karena saat bermain anak – anak akan lebih banyak berinteraksi dengan banyak orang. Yang sangat menjadi kekhawatiran adalah apabila anak – anak bermain dengan orang yang kurang tepat. Misalnya, mereka sering mendengar kata ”GUE” kata ini akan sangat merusak tatanan Bahasa Indonesia yang baik yang telah kita berikan dirumah. Anak –anak itu lambat laun akan memasuki bangku pendidikan yang formal. Pendidikan formal terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. Pendidikan formal dari lembaga pemerintahan dan swasta setingkat TK,SD,SMP,SMA ataupun perguruan tinggi
2. Pendidikan formal yang berasal dari lembaga pemerintahan dan swasta tetapi lebih mengacu pada keagamaan
Tetapi jika kita gali lebih dalam sebenarnya Bahasa Indonesia merupakan gabungan bahasa – bahasa dari daerah maupun negara lain. Itupun setahu saya dan menurut pendapat teman – teman saya. Mungkin seharusnya kita lebih peka dalam hal ini, itupun jika kita mau mempertahannkan dan membudidayakan Bahasa Indonesia. Misalnya, dengan kita mengajakarkan dan membiasakan seorang bayi menyebut kata “SAYA” mungkin itu dapat membantu sekali untuk bekal masa depannya. Kata dosen saya dikampus sih “ orang sukses berawal dari kita menyebut diri kita dengan kata saya”. Awalnya saya adalah orang yang sering menyepelehkan bahasa. Tetapi ketika saya dihadapkan dengan orang yang saya nilai dia adalah seorang yang berpendidikan dan hampir sebagian waktunya berada dilingkungan kalangan eksekutif, saya benar – benar terdiam tanpa kata. Saya sulit untuk mencoba mengimbanginya. Dari peristiwa tersebut itulah saya mulai menenamkan sedikit dihati saya “lain kali saya harus dapat berbicara dengan orang seperti itu”. Tetapi , seiring berkembangnya zaman dan tidak dapat dipungkiri juga sudah banyak budaya asing yang berdampak negatif bagi Bahasa Indonesia.
Apakah kalian ataupun saya sudah dapat menyadari bahwa Berbahasa Indonesia itu sangat penting??????????????????
Menurut saya dan informasi yang saya dapatkan dari rekan – rekan saya :
Seperti pendapat yang saya peroleh dari adik saya yang baru duduk dibangku sekolah kelas 2 Sekolah Menengah Pertama di salah satu lembaga pendidikan negeri yang berada dibekasi timur tepatnya dipropinsi jawa barat. Menurut adik saya ya sebut saja dia dengan Arrum dia mengatakan bahwa Bahasa Indonesia itu gaul. Kata gaul disini menurut pendapat dari hasil musyawarah rekan – rekan dan saya. Mungkin Gaul itu dapat diartikan sebagai bahasa yang sudah tidak asing lagi didengar bahkan sudah menjadi bahasa pokok yang salah kaprah. Itu baru pendapat dari seorang anak yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama.
Adapun pendapat dari salah seorang siswa yang masih menginjak bangku Sekolah Menengah Atas menurut mereka Bahasa Indonesia sekarang kurang efektif dikarenakan para siswa – siswanya banyak sekali yang memprioritaskan bahasa – bahasa asing yang menurut mereka lebih baik.
Tetapi beda halnya bagi kalangan orang – orang di perkantoran sebagian besar dari mereka menggunakan Bahasa Indonesia yang baku tidak terpengaruh oleh berkembangnya zaman dikarenakan mereka sangat terbiasa menggunakan bahasa indonesia yang baku sebagai bahasa komunikasi mereka oleh rekan – rekannya dikantor, tetapi tidak menutup kemungkinan juga mereka menggunakan bahasa – bahasa asing untuk berkomunikasi hal ini dikarenakan ruang kerja mereka tidak hanya berhubungan dengan rekan – rekan dikantor tetapi ada beberapa yang rekan – rekannya berasal dari luar daerah maupun luar negeri. Misal, apabila bertemu salah satu dengan rekan – rekan dari daerah bisa saja mereka merasa berasal dari daerah yang sama sehingga banyak sedikitya orang tersebut saling berkomunikasi dengan bahasa daerahnya.
Begitu juga apabila orang tersebut bertemu dengan rekan – rekan yang berasal dari luar negeri mau tidak mau orang itu menggunakan bahasa asing, adapun solusi untuk masalah ini apabila orang tersebut berpegang teguh akan kecintaannya menggunakan bahasa indonesia. Orang tersebut dapat menyewa orang yang menjualkan jasanya sebagai penerjemah bahasa asing.
Saya pernah mendengar dosen saya pernah mengatakan bahwa presiden Soekarno ( presiden pertama bangsa Indonesia ) dia merupakan contoh yang baik bagi rakyat nya dikarenakan kecintaannya terhadap bahasa indonesia. Oleh karena itu untuk suatu pertemuan Internasional saja Presiden Soekarno berbicara menggunakan bahasa Indonesia. Padahal beliau menguasai tujuh bahasa. Seharusnya pemimpin negara seperti Presiden Soekarno tetapi pada kenyataanya yang terjadi setelah pemerintahan Presiden Soekarno pemimpin negara indoneia yang selanjutnya banyak sekali yang tidak dapat menggunakan bahasa indonesia dengan baik. Hal ini terbukti pada saat salah satu dari beliau berpidato untuk rakyat. Contoh : presiden B.J Habibie ketika berpidato beliau menngunakan bahasa Indonesia kurang baik saya katatan kurang baijk dikarenakan beliau menggunakannya dengan logat bahasa asing yang mungkin ada beberapa sebagian orang tidak dapat memahami bahasanya.
Oleh karena itu kita sebagai generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa indonesia yang nantinya akan meneruskan perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur membela tanah air tercinta kita dengan segala jiwa dan raganya demi kelangsungan hidup kita para generasinya yang pasti mereka sangat mengharapkan kita meneruskan perjuangannya. Untuk itu jika kita ingin melestarikan bahkan meningkatkan bahasa indonesia sekarang ini kita harus membiasakan diri dengan 3M yaitu :
1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai sejak dini
3. Mulai saat ini
Coba mari kita tanamkan rasa kecintaan kita terhadap basaha Indonesia kita yang telah diperjuangkan mati – matian untuk kita dari para pahlawan kita yang sampai rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa ini. Bahasa Indonesia sekarang harus sangat kita perhatiakan mutu dan kualitasnya dikarenakan Bahasa Indonesia adalah produksi paling berharga bagi bangsa kita. Oleh karena itu kita sebagai calon pemimpin bangsa Indonesia harus membiasakan diri kita untuk selalu mencoba mengunakan Bahasa Indonesia yang minimal baik karena untuk mencapai bahasa indonesia yang benar mungkin bagi kita masih sangat sulit.
Tetapi dengan berjalannya waktu dankebiasaan yang baik yang kita lakukan diharapkan akan dapat Meningkatkan Produksi Bahasa Indonesia yang baik untuk diri kita dan masyarakat luas.

Terima kasih atas rahmat tuhan YME dan rekan – rekan yang sudah membantu saya untuk memperoleh informasi guna menyelesaikan tulisan saya ini.

Wassalam…..

Satu Tanggapan to “BAHASA”

  1. ifanisdongdong Says:

    KARYA YANG NGA JELAS …..
    HEEHEEEEE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: